Baca Juga
Loading...
Saturday, March 10, 2018

Destinasi Kota Tua Kediri Yg Cocok Jadi Target Wisata Anda dan Keluarga

Saturday, March 10, 2018
Satu Dari Sekian Banyak Kota, Ini Dia Kota Tua Yang Pantas Masuk Dalam Chart Destinasi Wisata!

Ada apa saja di Kota Tua yg ada di Indonesia, kediri salah satu kota yg menyajikan bangunan wisata seperti Arc De Triomphe Perancis, ada juga taman SLG dan...
Sumber Gambar, Instagram @dolankediri
Kediri, kota tua di Jawa Timur yang padat penduduk setelah Surabaya dan Malang. Sudah pernah bray main ke Kediri? Coba deh tengok sebentar jika kamu kemarin sudah berkunjung ke Suramadu Bridge di Surabaya.

Disini kalian bisa menemukan beberapa objek wisata yang kece, mulai dari wisata alam dan juga buatan. Salah satu yang sedang hits di media sosial dan kerap jadi bahan selfie kekinian adalah Simpang Lima Gumul alias Arc De Triomphenya Indonesia. 

Tapi sebelum kalian tahu lebih lanjut tentang Simpang Lima Gumul, pasti donk yang kalian perlu tahu dimana nanti kalian pertama kali menginjakkan kaki, wussss….bahasanya menginjakkan kaki.. tak ape bang, yang penting infonye jelas yee?! ^^

Jika kalian berangkat dari Surabaya tak perlu khawatir karena kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam saja. Tidak begitu jauh kan? Yaa.. itu kalau kalian bersepeda motor Guys. 

Jika naik angkutan umum ya kurang lebih bisa 4 jam jika macet. Jarak Surabaya ke Kediri adalah 118 Km, setidaknya tidak terlalu melelahkan dibanding kalian berangkat dari Jakarta.

Ada apa saja di Kota Tua yg ada di Indonesia, kediri salah satu kota yg menyajikan bangunan wisata seperti Arc De Triomphe Perancis, ada juga taman SLG dan...
Sumber Gambar, Instagram @explorekediri
Nah jika berangkat dari Jakarta menggunakan transportasi seperti kereta akan memakan waktu kurang lebih 13 jam dan lokasi pertama yang akan kamu tuju adalah Stasiun Kediri. Berada tepat di tengah kota, Stasiun Kediri juga merupakan saksi sejarah kota yang lahir tahun 879 ini lho.

Beroperasi sejak 1881 stasiun ini punya banyak kenangan tentang perkembangan Kediri. Ada di Jalan Stasiun Kota Kediri Kelurahan Balowerti Kecamatan Kota Kediri 64121. Eh tahu tidak, lokasi stasiun ini sangat dekat dengan pertokoan Jalan Daha. 

Disini malam hari kalian bisa berburu kuliner andalan Kediri, yaitu nasi pecel tumpang. Eiiitsss… jangan ngiler dulu! Karena hari masih siang penjual nasi pecelnya pun juga belum datang, biasanya mereka open dari pukul 21.00 WIB usai pertokoan Jalan Daha tutup. 

Di teras – teras pertokoan itulah kalian bisa menikmati lezatnya pecel tumpang Kediri dengan suasana malam hari yang sumilir. Nah sekarang waktunya kembali ngetrip dulu sebelum makan malam.

Dari Stasiun Kota Kediri kalian bisa naik becak atau ojek yang sudah stand by di depan stasiun, ohya Gojek juga sudah ada di Kediri tinggal order saja bro. Tapi kalau mau terasa serunya naik becak juga oke. 

Bilang saja mencari penginapan atau hotel, si pak becak akan siap membantu. Saran aja sih bro, cari yang dekat – dekat stasiun atau dekat dengan Jalan Daha jika malamnya berencana nongkrong di lesehan pecel tadi supaya tidak kejauhan.

Selesai menaruh barang bawaan ke hotel/penginapan kalian bisa naik ojek dan mintalah untuk diantar ke Simpang Lima Gumul. Dalam perjalanan nanti kalian akan melihat pemandangan kota Kediri yang padat, melintas dari tengah kota hingga kearah kabupaten. 

Yap.. karena Simpang Lima Gumul terletak di timur kota tepatnya lokasi Kabupaten.

Baca Juga: Kumpulan Wisata Surabaya Mirip Bangunan Eropa - Serasa di Luar Negeri
  • Simpang Lima Gumul
    Resmi tahun 2008, bangunan megah ini dijuluki Arc De Triomphe persis dengan yang ada di Paris Perancis. Ya.. meski sepintas mirip tetapi keduanya memiliki perbedaan bray. Dan kalian patut berbangga Indonesia memiliki sendiri loh ada di Jawa Timur yaitu Kediri.
    Ada apa saja di Kota Tua yg ada di Indonesia, kediri salah satu kota yg menyajikan bangunan wisata seperti Arc De Triomphe Perancis, ada juga taman SLG dan...
    Sumber Gambar: pixabay.com
    Tiba disini kamu bisa langsung memasuki area parkir yang tempatnya sedikit menurun. Tentu si bapak ojek akan mengantarmu sampai di parkiran kok. Dan kalian akan menemukan pintu masuk yang sudah dijaga oleh petugas.

    Tenang.. tidak bayar tiket untuk masuk ke lorong pintu masuk nanti. Jika membawa kendaraan pribadi hanya perlu membayar parkir saja, Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Murah kan? ^^

    Setelah itu kalian akan berjalan menyusuri lorong yang dibangun dibawah tanah. Taraaa…tiba – tiba sudah ada di halaman monument SLG (Simpang Lima Gumul). Dengan hembusan angin yang kencang dari segala arah, kalian bisa nikmati megahnya bangunan setinggi 25 meter ini. 

    Dulu SLG mulai dibangun tahun 2003, dengan proses yang panjang kini taman dan fasilitas pun makin di perbaiki. Awalnya dihalaman rumput itu belum ada tulisan “Kediri Lagi” seperti sekarang, kini anak muda dan wisatawan dari kota lain pun bisa mengabadikan foto bersama letter box tersebut.
  • Taman Hijau SLG (Simpang Lima Gumul)
    Tak jauh dari lokasi kalian juga bisa mampir di Taman Hijau SLG. Jika sudah puas dengan pemandangan monument, kalian bisa kembali turun menyusuri lorong. Keluar dari area parkir ambil jalan yang menuju arah barat, tak jauh dari pandangan memandang akan terlihat taman asri yang sudah ditata secantik mungkin oleh pemerintah kabupaten Kediri.
    Ada apa saja di Kota Tua yg ada di Indonesia, kediri salah satu kota yg menyajikan bangunan wisata seperti Arc De Triomphe Perancis, ada juga taman SLG dan...
    Sumber Gambar: direktori.wisata.com
    Pagi hari kawasan taman ini banyak dikunjungi warga Kediri yang ingin berolahraga seperti lari pagi, main bola bahkan untuk bermain sepatu roda pun jalanan aspalnya sangat nyaman.

    Dimuka taman kalian bisa menikmati tanaman serba hijau dengan duduk di kursi taman yang sudah disediakan. Nah belum selesai sampai disitu, coba tengok di selatanmu gengs!

    Bukan main kan indahnya Kediri? Sisi ini ada di bagian selatan Guys.. jadi kalian bisa coba berjalan menyusurinya. Ada banyak spot yang bisa digunakan untuk berfoto ria.

    Jangan lupa jika selfie dan tag lokasi di media sosial, sertakan juga hastag #kedirilagi ya Guys?! Buktikan pada temanmu bahwa kamu sudah berkunjung ke Kediri.

  • Wisata Gunung Kelud
    Meski sempat meletus 2014, kini wisata Gunung Kelud Kediri kembali beroperasi. Justru sekarang lebih banyak lho spot dan wahana yang bisa dinikmati untuk berlibur dan refreshing. Jika hari masih cerah kalian bisa menggunakan ojek untuk pergi ke kawasan Gunung Kelud.
    Ada apa saja di Kota Tua yg ada di Indonesia, kediri salah satu kota yg menyajikan bangunan wisata seperti Arc De Triomphe Perancis, ada juga taman SLG dan...
    Sumber Gambar: filckr.com

    Namun jika hari sudah senja atau sore, sepertinya urungkan niat untuk kesana ya.. karena rutenya cukup sulit ditempuh jika kurang penerangan. Kalau bicara rute, memang tidak jauh tapi cukup melelahkan juga jika kamu mengendarai sendiri. Jarak dari pusat kota Kediri ke kawasan wisata Gunung Kelud adalah 30 Km.

    Foto diatas adalah foto yang diambil oleh netizen Kediri baru – baru ini. Jika diperhatikan betul memang tampilan Gunung Kelud sudah berbeda jauh dengan sebelum meletus.

    Namun keunikan tersebut justru menarik perhatian para wisatawan. Apalagi beberapa akses masih belum sepenuhnya dibuka oleh umum karena masih dalam proses pembenahan. Jika ingin mencapai puncak, motorpun harus parkir di pemberhentian sebelumnya.

    Karena akses jalan menuju puncak masih belum bisa dilalui kendaraan. Tapi Guys jangan salah, sebelum mencapai puncak kalian bisa menemukan beberapa taman yang sudah di desain khusus seperti Taman Margo Mulyo dengan aneka bunga dan ornament payung yang digantung – gantungkan.

    Banyak warga Kediri dan wisatawan asing yang mengunggah fotonya saat di taman satu ini hingga menjadi viral. Selain indah suasana sejuk khas pegunungan tidak dapat tergantikan oleh apapun. 
So, yakin nggak mau coba ke Kediri? Eh masih banyak lagi lho destinasi wisata yang belum kamu tahu di kota tahu ini seperti Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Dholo, Kampung Kelir, dan masih banyak lagi lainnya. Mau tahu? Intip terus ngetrip kita berikutnya! ^^

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer