Baca Juga
Loading...
Saturday, March 10, 2018

5 Kuliner Sumatera Kelas Dunia Berikut ini, Bikin Ketagihan Loh

Saturday, March 10, 2018
Puas Liburan Di Sumatera Jangan Lupa Icipi 5 Kuliner Kelas Dunia Berikut! Asli Bikin Ketagihan!

Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
Sumber Gambar, migrationology.smugmug.com
Setelah kemarin sudah puas memanjakan diri di pantai – pantai  Sumatera, kini saatnya kalian coba kuliner jahat dari Sumatera Guys! 

Yaps…sederet kuliner ini tega bikin kalian ngiler kalau tidak puas menikmatinya. Mau tahu? Share juga ke teman – teman dan saudaramu.. karena asli jajaran makanan berikut beda dari yang sebelumnya kalian tahu, apalagi buat kalian yang belum mencobanya. Here we go!

Baca Juga: 5 Pulau di Sumatera ini Bikin Kamu Move On Loh - Cocok Untuk Traveler Bahari
  1. Rendang Padang
    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, blogspot.com
    Dari Sumatera Barat kita ketemu dengan jawaranya kuliner Indonesia yang mendunia, siapa lagi kalau bukan si Rendang. Wisatawan asing yang menyebutnya Beef Rendang ini benar – benar terbukti lezaaaat banget sob! 

    Dengan olahan khas rempah Indonesia dan santan membuat makanan berbahan utama daging ini digemari banyak orang hingga kelas dunia. Bahkan dilansir dari CNN 2017 Rendang menjadi makanan terlezat pertama di dunia yang recommended. Keren kan?!

    Jika berkunjung ke Padang, cukup singgah saja ke Rumah Makan Padang. Kalian akan disuguhkan asli Rendang Padang. Tapi sob, sekarang juga Rumah Makan Padang sudah menjamur juga kaleus.. jadi kalian bisa menikmatinya dimana saja termasuk di kotamu. 

    Harganya variatif tergantung porsi juga sob, di RM.Padang yang sederhana bisa mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 untuk kelas restaurant.


  2. Nasi Kapau Bukittinggi
    Dari penampakannya saja sudah menggoda ya Guys, apalagi kalau sudah sampai di mulut. Hmm.. yummy! 

    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, pinterest.com
    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, jenzcorner.net
    Sepintas kuliner satu ini bisa saja kita anggap nasi Padang juga, tapi tahan dulu..ternyata keduanya memiliki perbedaan. Tentu kalau nasi padang sudah tahu kan seperti apa, berbeda dengan nasi kapau. 

    Nasi kapau memiliki menu khas yaitu Gulai Kapau. Gulai ini rasanya nendang banget sob.. isinya terdiri dari nangka, kacang panjang dan kol sedangkan untuk rasa kuahnya gurih – gurih asam. 

    Nah untuk  menikmati nasi kapau setelah mengguyur gulai biasanya dipadukan dengan menu khas nasi kapau satunya yaitu Gulai Tambunsu dan Rendang Ayam. Tinggal pilih sih, kalian mau rendang atau gulai tambunsunya.

    Gulai ini adalah masakan khas Padang dengan cita rasa luar biasa, berbahan usus sapi yang diolah dengan tahu dan adonan telur di dalam usus. Pokoknya nasi kapau ini endessss banget!

    Ohya soal nama, pasti penasaran kan kenapa namanya Nasi Kapau? Sebab nasi kapau ini memang disajikan oleh warga asli Kapau sendiri. Kapau adalah nama desa yang terletak di Tilatang Kamang Kabupaten Agam Sumatera Barat. 

    Ciri khas lain penyajian lauk pauk nasi kapau selalu disusun di atas meja yang lebih rendah dari penjualnya dan centong sayurnya selalu panjang. Berbeda dengan nasi padang yang disajikan di etalase yang tinggi. 

    Well mau coba? Harganya hanya Rp 25.000/porsi lengkap nasi dan sudah termasuk satu jenis lauk.


  3. Tempoyak Patin Palembang
    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, pinterest.com
    Sudah pernah coba makanan satu ini? Uniknya jika kalian belum pernah mencoba pasti kaget, karena makanan ini diolah dari buah durian yang difermentasikan. 

    So..rasanya gurih beraroma durian dan asam khas banget deh kalau ini adalah masakan dari Palembang. Selain itu kalian juga bisa berburu tempoyak yang berbahan ikan patin ini di Jambi, Bengkulu dan beberapa tempat lain di Sumatera tentunya. 

    Dengan harga kisaran Rp 17.000/porsinya kalian bisa menikmati sedapnya Tempoyak yang lezat. Jika kalian ingin mencoba Tempoyak Patin, bisa meluncur ke Rumah Makan Sri Melayu Jalan Demang Lebar Daun No. 1 Ilir Bar 1 Palembang 30137 Sumatera Selatan.
  4. Kerupuk Siram (Kerupuk Leak)
    Kali ini kalian akan kaget dengan kuliner satu ini. Kudapan khas Sumatera Barat ini juga digandrungi anak sekolah loh, Kerupuk Siram atau Kerupuk Leak. 

    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, instagram.com
    Makanan yang simple dan tidak terfikirkan oleh kita menikmati kerupuk dengan bumbu lezat yang endulitaaaa. Sudah pernah coba? Pasti buat kalian yang asli bocah Minangkabau sampai saat ini masih doyan sekali kan mengudap jajanan ini.

    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, mylittletrace.files.wordpress.com
    Cukup menggoda bukan? Kalau suka pedas bisa minta sambal yang banyak sob. Kerupuk ini sebenarnya adalah kerupuk yang terbuat dari singkong seperti kerupuk semier yang kita kenal di Jawa, bahkan tak jarang juga ada yang memakai kerupuk berbahan tepung dan nasi seperti kerupuk puli. 

    Ukuran kerupuknya pun lebih besar dari telapak tangan kita sob. Nah setelah itu diatasnya diberi topping mie dan sambal, tak lupa guyuran bumbu berwarna kuning semacam kuah gulai atau juga terkadang ada yang disiram bumbu kacang seperti bumbu sate. 

    Itu sebabnya nama jajanan ini kerupuk siram. Dan jika ingin menyantap jangan lama – lama ya, keburu kerupuknya lumer karena terkena kuah..kalau tidak mienya bisa berantakan. Nah itu juga alasan kenapa kerupuk ini disebut kerupuk leak, karena leak artinya berantakan dalam bahasa minang.

    Bicara soal rasa, jangan ditanya Guys! Unik tapi nagih banget.. enak pokoknya. Hanya saja penjual kerupuk siram ini sudah mulai jarang. Tapi masih bisa kok dijumpai di sekitar Taman Margasatwa Kinantan, Lembah Harau atau di dekat Jam Gadang. 

    Harganya terjangkau banget loh, hanya Rp 2.000 untuk kerupuk tanpa topping mie dan Rp 4.000 untuk yang bertopping. Wannat try?


  5. Mie Aceh
    Yakin deh pasti kalian sudah mupeng lihat perwujudkan Mie Aceh di atas. Gimana enggak coba? Dari warna dan perpaduannya saja sudah mengunggah selera, percaya  kalau kuliner Sumatera yang satu ini juga jagoan. 

    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, resepharian.com
    Inilah Makanan Khas Sumatera yg mendunia dengan cita rasa tinggi dan memiliki ciri khas indonesia,kalian wajib coba jika mengunjungi kota-kota berikut ini
    Sumber Gambar, duniakuliner.net
    Jika kalian masih di Medan, wajib hukumnya cobain Mie Aceh yang ada di Jalan Setia Budi No. 17 D Sei Sikambing B Medan Sunggal Sumatera Utara 20122.  Buka dari pukul 11.00 – 21.00 WIB. 

    Untuk harga juga variatif tergantung kalian nanti pengen tambah lauk apa seperti kepiting, daging dan lainnya. Mulai dari harga Rp 10.000 – Rp 40.000 kalian bisa menyantap pedasnya kuah mie aceh yang khas rempah  Indonesia.

    Ohya buat yang tidak suka pedas, bisa pertimbangkan lagi nih kalau mau cobain ^^. 

    Rasa unik dari teh talua ini menjadi bagian dari minuman khas Sumatera Barat. Jadi jangan khawatir kalian bisa dengan mudah menemuinya di warteg atau pun rumah makan.

    Perpaduan teh dengan telur , gula, dan kucuran jeruk nipis ini mampu membuat stamina tubuh jadi lebih fit. Yaa.. bisa dibilang juga minuman tradisional Guys!Mau coba?
Finally sepertinya kalau kalian sudah menyambangi lima kuliner di atas itu artinya kalian harus menutup perburuan kuliner ini dengan segelas teh talua sob!

Akhirnya kelar deh kasih kalian bocoran beberapa kuliner Sumatera yang jago banget bikin mulut ketagihan. Jangan lupa share ke teman – teman ya Guys, see you next destinasi!

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer