Baca Juga
Loading...
Tuesday, May 16, 2017

8 Tips Traveling Murah Modal Dengkul Bisa Kesana Kesini

Tuesday, May 16, 2017
8 Jurus Ampuh Modal Badan Buat Travelling! Tak Perlu Bawa Uang Banyak Sudah Bisa Kemana – Mana, Untukmu Yang Suka Tantangan Guys!
Budget Traveling Murah yang bisa dilakukan backpacker sendirian serta meminimalisir paket traveling yang sudah dibeli,namun waspadalah terhadap wisata penipu
Sumber Gambar; freepik.com
Pengen main kesana – kemari tapi lagi bokek? Simak nih jurus ampuh travelling Cuma modal badan. Banyak diantara kita yang mengira orang lain dengan mudah main ke luar kota, ke tempat wisata bahkan ke luar negeri sekalipun karena uang yang melimpah. 

Padahal itu belum juga betul, karena hanya untuk traveling saja kita bisa kok mengandalkan badan ini. Penasaran? 
Jurus Ampuh Pergi Traveling Bermodal Badan 
  1. Prepare Mental & Fisik
    Sebelum kalian memutuskan untuk pergi ke sebuah destinasi, yang tidak kalah penting dan nomor wahid adalah kesiapan kalian secara mental dan fisik. Secara dari awal kita masuk dalam kategori travelling bermodal badan, so loe harus siap dalam segala resiko bray! Busyett.. tapi tidak begitu amat sih, kalian cukup mempersiapkan dengan semangat.

    Jika kalian sudah fix siap untuk melancong, harus tekatkan pulang pergi harus sesuai rencana. Entah kalian sudah siap dengan berapa pun plan A, B atau C. Kedua mengenai fisik ini hanya kalian yang bisa menilai. Kalau kondisi badan sedang tidak baik jangan dipaksakan untuk berangkat dulu. Pastikan kalian benar – benar strong dan anti badai Guys. Bila perlu sedia vitamin atau suplemen di dalam tasmu nanti agar tak menghalangi aktivitas saat bertraveling ria. And now, here we go!

  2. Siapkan Destinasi & Rundown Perjalanan
    Dalam hal ini kalian harus ekstra jeli. Sebelum berangkat pastikan semua sudah terencana. Jika kalian bermaksud traveling bersama teman – teman kampus itu ide bagus, karena traveling jika dilakukan beramai – ramai akan lebih seru dan tidak menjadi beban. Sebab segala sesuatu digotong bersama.
    Budget Traveling Murah yang bisa dilakukan backpacker sendirian serta meminimalisir paket traveling yang sudah dibeli,namun waspadalah terhadap wisata penipu
    Sumber Gambar: cafunedabahia.com
    Kalian harus menentukan penginapan, alat transportasi, makan dan lain – lain. Nah ini yang tidak bisa dadakan, transportasi. Jika rencana kalian menggunakan kereta atau pesawat, alangkah lebih baik planning ini sudah jauh – jauh hari. Tahu tidak bahwa tiket pesawat sebetulnya banyak yang promo loh! Bahkan untuk tiket seharga ratusan ribu saja ada, mau? 

    Berdasarkan saran dari korporasi penerbangan, booking tiket itu lebih baik 6-8 minggu sebelum keberangkatan. Why? Karena di waktu itu banyak sekali promo tiket pesawat dengan harga murah. Lumayan kan uangmu bisa dipakai untuk hal lain nanti.
  3. Serba – Serbi Numpang
    Sudah pernah coba trik ini? Mungkin kalian awalnya akan merasa ilfeel, tapi ini sangat efektif. Sebelum berangkat, buatlah tulisan “Numpang” dan jangan lupa untuk menyimpannya di dalam tas.
    Budget Traveling Murah yang bisa dilakukan backpacker sendirian serta meminimalisir paket traveling yang sudah dibeli,namun waspadalah terhadap wisata penipu
    Sumber Gambar: ngadem.com
    Setidaknya untuk jarak pandang 2 meter terlihat, bisa kok pakai saja dari kardus bekas tulis dan lipat seminimalis mungkin. Ini akan sangat membantu saat kalian sudah tiba di kota tujuan dan tak satupun angkot yang melintas. Pertanyaannya mau numpang di kendaraan siapa? Mobil? Bisa..tapi sepertinya yang sangat baik hati adalah the truk Guys! 

    Yahh..truk yang sedang melintas atau mobil pick up yang tidak membawa barang bisa banget kalian mintai tumpangan.
  4. Bermalam Gratis
    Tiba di kota tujuan kalian tak perlu khawatir akan tidur dimana. Untuk poin ini kalian harus aktif, mainkan relasimu. Jika di kota tersebut kalian punya teman nah bisa deh dijadikan tujuan utama untuk menginap. Ini dia kalian harus kontek jauh hari, setidaknya memberi kabar bahwa kalian butuh bantuan tempat untuk bermalam.

    Jika trik diatas tidak berjalan mulus karena alasan tertentu dari kawanmu, tenang masih ada hotel gratis kok. Datangilah tempat umum seperti SPBU atau masjid. Dua tempat tersebut tak akan lekang oleh waktu seperti lagunya Kerispatih. Yup, apalagi SPBU sekarang juga sudah lengkap ada mushola, minimarket, toilet dan yang pasti aman. Bila perlu sebelum bermalam di tempat tadi, kamu juga boleh kok izin dulu pada RT atau  warga setempat agar lebih sopan.

    Oh.. ya jika saat malam tiba kalian belum juga mendapatkan tempat bermalam, usahakan saat beristirahat atau mencari jalan keluar kalian harus berdiri di tempat yang terang. Hal ini untuk menghindari modus kejahatan dan untuk mereka siapapun yang ingin membantu dapat dengan mudah menemukan kita.
  5. Murah Yang Mengenyangkan
    Tentang makan juga demikian, jika kalian numpang bermalam di rumah saudara, teman atau orang lain ada adat yang harus dilakukan bagi orang yang numpang. Ringan tangan kepada pemilik rumah. Tentu jika kalian sopan dan mau membantu sang tuan rumah pun tak akan keberatan. Cuci piring, menyapu atau membantu dalam bentuk lain sangat perlu.

    Berbeda dengan yang tak mendapat tumpangan, kalian harus hunting penginapan yang low price. Ini pun jauh – jauh hari kalian harus sudah tahu, supaya di lokasi kalian tidak bingung dan mondar – mandir menghabiskan tenaga. 

    Ingat ini masih masuk dalam rundown baru tiba di kota tujuan. Jadi kalian harus simpan tenaga karena perjalanan masih panjang. Untuk makan kalian bisa melarikan diri pada angkringan atau warung makan yang terlihat murah. Ada juga alternative lain Guys, boleh banget kok kalian membawa bekal dari rumah. Ya ini bisa menghemat pengeluaran, membawa makanan yang tahan lama juga ide bagus.
  6. Selfie, Update And Tag Location
    Untuk yang ini pasti tidak mau ketinggalan kan? Selfie saat berada di luar kota atau tempat yang unik adalah bentuk kebanggaan karena kita sudah berkunjung ke tempat tersebut. Nah agar lebih hepi kalian wajib selfie dalam segala kondisi yang menurut kalian moment berharga.
    Budget Traveling Murah yang bisa dilakukan backpacker sendirian serta meminimalisir paket traveling yang sudah dibeli,namun waspadalah terhadap wisata penipu
    Sumber Gambar: backpackermurah.com
    Dan yang perlu kalian perhatikan, alangkah lebih baik kameramu khusus untuk berfoto – foto ria. Kurangi penggunaan handphone kecuali disaat urgent. Karena jika terlalu sering kita memakai handphone, konsumsi daya hp juga akan boros. Tahu sendiri kan dalam keadaan traveling kalian minim mencolokkan listrik, meskipun sudah bawa powerbank.

    Walaupun modal dengkul, enggak ada salahnya kesini: Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia Ini Mirip Dengan di Luar Negeri

    Berikutnya yang menyenangkan adalah sesi update status, ini juga bermanfaat karena jika sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, teman – teman atau orang lain yang melihat statusmu bisa pantau. Sama halnya dengan tag location Guys. Lepas dari ini semua gadget dan perlengkapan semacamnya adalah barang wajib yang harus kalian persiapkan sebelum berangkat.
  7. Standby Anywhere
    Poin ini juga sangat penting, saat kalian berhubungan dengan orang lain di kota yang asing kalian harus standby. Maksudnya waspada jika ada hal – hal yang mencurigakan. Jambret, begal, atau tindakan asusila bisa saja terjadi tapi setidaknya kalian juga jangan lupa berdoa agar selamat dalam keadaan apapun. 

    Untuk cewek nih jika sedang traveling baiknya pakailah baju yang sopan dan tertutup agar tidak mengundang kejahatan. 

    Selain itu gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti warga setempat. Jika kalian dalam angkutan umum, usahakan supaya tidak mengantuk di perjalanan. Ini meminimalisir kejahatan seperti copet dan sejenisnya.
  8. Uang Habis, Freelancer Sesaat Pun Jadi
    Ini adalah moment yang menyenangkan loh! Apabila dalam berliburmu ternyata uang kalian sudah habis, tentu bingung donk apa yang akan kalian lakukan dan paling tidak kalian membutuhkan uang untuk perjalanan pulang meskipun tak banyak. Jadilah freelancer sesaat, sambil mengenali lingkungan dan mengambil hikmahnya kalian bisa bekerja paruh waktu atau bekerja per jam.
    Budget Traveling Murah yang bisa dilakukan backpacker sendirian serta meminimalisir paket traveling yang sudah dibeli,namun waspadalah terhadap wisata penipu
    Sumber Gambar: okezone.com
    Tawarkan jasamu pada warung makan, café ataupun restoran untuk mencuci piring dan pemilik warung bisa membayarmu sesuai kinerja. Yaa ini untuk beberapa tempat yang memang mau menerima pekerja honorer. Atau coba saja menjadi navigator di angkutan umum. Kalian bisa mendapatkan uang dengan bekerja lepas. Hikmahnya selain liburan kalian akan merasakan berinteraksi di kota lain dan tentunya akan mengesankan. Eeits..ini bisa terjadi jika rencana berliburmu panjang Guys atau kondisional. Lain lagi jika pulangmu sudah terjadwal, kalian harus pulang sesuai rencana agar tidak ketinggalan kereta.
Well, 8 trik traveling dengan modal badan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang suka tantangan seperti kalian. So do you wanna try?

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer