Baca Juga
Loading...
Friday, December 23, 2016

Air Terjun Terinting - Selayang Pandang Informasi Penelusuran Alam Kalbar

Friday, December 23, 2016
Air Terjun Terinting - Kalimantan Barat merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Nusantara ini, dengan berbagai kekayaan alam tropis yang menghiasi disetiap sudut hutan Borneo, sehingga dibalik kekayaan tersebut, sangat menarik dan wajib diekspos terus menerus demi mempertahankan nilai kecintaan alam manusia sebagai kiat pelestarian alam sekitar, khususnya bumi Kalimantan Barat ini.

Air Terjun Terinting atau yang akrab disebut rombo terintik merupakan salah satu keindahan alam yang dimiliki Kalbar, air terjun yang memiliki ketinggian hingga 50 Meter ini terletak diujung Kab Landak, Kec Air Besar, Desa Sempatung Lawuk, atau lebih familiar terletak di daerah Serimbu.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Air Terjun Terinting.
Sumber: Dokumen Pribadi
Daerah Serimbu memang terkenal dengan wisata alam air terjun ngabang, seperti Air terjun Dait, Air Terjun Melanggar/Mananggar/Bananggar/Managar, Riam Bedawat/air terjun bedawan, air terjun tikalong, dan masih banyak lagi beberapa air terjun yang berada di sekitar daerah Serimbu, baik itu yang belum terekspos atau yang sudah terekspos sekalipun.
Baca Juga: Pesona Alam Air Terjun Berawat'n Kalbar
Air Terjun Terinting memang terletak nun jauh di ujung Dusun Engkangin dan Dusun Jamu ( Dua Dusun ini merupakan checkpoint untuk pengunjung memulai pendakian ke Air Terjun Terinting ), butuh waktu perjalanan hingga 5 – 7 Jam untuk sampai ke Air Terjun Terinting, namun lama perjalanan bisa juga melebihi waktu yang telah diperkirakan sebelumnya, karena perjalanan akan dapat terhambat jika memang pendakian dilalui pada saat musim penghujan, karena memang Rute/akses jalan yang masih tanah kuning, jalur setapak, serta mendaki bukit yang sungguh terjal.

Dibutuhkan tenaga ekstra dalam proses pendakian bukit tersebut, untuk dapat menyaksikan megah dan keindahan Air Terjun Terinting, namun raga jasmani yang lelah akan kembali segar bugar ketika Air Terjun yang berada di ketinggian 500 – 600 MDPL tersebut terlihat tepat diwajah pengunjung. Sungguh luar biasa.
Bagaimana perihal detail mengenai Rute perjalanan jika dimulai dari Kota Pontianak?
Untuk hal tersebut, pengunjung diasumsikan melakukan perjalanan awal dari Kota Pontianak – Kota Ngabang ( Kab Landak ), dengan lama perjalanan 4 – 5 Jam, dengan kondisi kelajuan berkendara 60 – 70 Km / Jam ( Cukup sekali melakukan Rest Point/istirahat ).

Sebagai tambahan: Akan lebih baik, jika pengunjung menggunakan sepeda motor, karena untuk melewati desa berikutnya engkangin/jamu, pengunjung akan melewati Jembatan Gantung yang hanya muat dilalui oleh satu motor saja.

Jika pengunjung sudah mencapai Kota Ngabang, lakukan kembali perjalanan dengan berpatokan pada Plank petunjuk yang mengarah ke Daerah Serimbu ( Diharapkan pada saat di Kota Ngabang, pengunjung sudah melakukan pengisian BBM secara Full Tank, karena kedepannya pengunjung tidak akan menemukan SPBU/Pom Bensin kecuali Kios bensin ).

Lama perjalanan dalam menyusuri Daerah Serimbu hingga ke Dusun Engkangin atau Dusun Jamu sekitar 2 – 3 Jam perjalanan, hal tersebut dikarenakan jalur utama menuju Serimbu masih terdapat kondisi jalan aspal yang kedapatan rusak parah, sehingga pengunjung/pengendara wajib berhati-hati, demi meminimalisir kecelakaan.

Setelah sampai Di Pasar Serimbu, pengunjung akan dihadapkan dengan banyak simpang dan jalur masuk Gang, bagi pengunjung baru dijamin bakalan kebingungan, dalam hal tersebut sangat direkomendasikan untuk bertanya pada warga sekitar, tentang letak jalur masuk Dusun Engkangin / Dusun Jamu.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Suasana di Dusun Engkangin.
Sumber: Dokumen Pribadi
Jika belum terjadi perubahan, jalur untuk masuk Dusun engkangin atau Jamu akan menyambut pengunjung dengan Jalur Semen Cor selebar 1 Meteran ( Hanya muat untuk 1 – 2 Motor ).
NB: Ketika disambut dengan jembatan gantung, langsung saja melintasi jembatan tersebut tanpa ragu, karena akan sangat berbahaya jika pengendara ragu-ragu dalam mengemudikan kendaraan di atas jembatan gantung tersebut. Setelah selesai melewati jembatan gantung, arah kiri merupakan jalur menuju Dusun Jamu, sedangkan pada arah kanan merupakan jalur untuk menuju Dusun Engkangin.
Setelah sampai di Dusun Engkangin atau Jamu, lebih disarankan untuk segera lapor langsung perihal kedatangan kepada Kepala Dusun setempat untuk di data lebih lanjut.

Untuk perihal biaya Guide, penginapan dan lain-lainya, biasanya warga desa akan menawarkan Jasa nya langsung kepada  pengunjung, dengan tarif jasa yang bervariasi, kisaran harga dari Rp 35.000 – 50.000 per orang, perihal harga masih dapat di negosiasi.

Jika pengunjung mendapatkan kendala dalam perjalanan menuju dusun Engkangin atau Jamu, lalu mengakibatkan pengunjung sampai ke dusun tersebut pada sore atau malam hari, pengunjung lebih baik menginap terlebih dahulu, lalu dilanjutkan pendakian pada subuh esok harinya, hal tersebut dikarenakan medan, akses yang lumayan berbahaya jika dilalui pada waktu gelap.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Sekilas Pandang Medan Bukit Terinting.
Sumber: Dokumen Pribadi
Warga dusun setempat akan menyambut dengan baik, jika pengunjung memang sangat memerlukan untuk menginap.
Jadi jangan terlalu dikhawatirkan dengan perihal penginapan, terutama bagi pengunjung yang masih asing dalam mengunjungi dusun engkangin dan jamu.

Jika penasaran? Saksikan dokumentasi video informasi menuju Air Terinting di bawah ini:

...
Untuk perihal HTM atau tiket?
Menurut pengalaman dan informasi yang didapat, pengunjung tidak akan dipungut biaya sepeserpun terkait dengan hal tersebut, yang lebih ditekankan hanya pembayaran jasa pengantar / Tour Guide.

Karena perjalanan untuk mendaki lokasi bukit air terjun terinting dapat  memakan waktu 5 – 7 Jam perjalanan ( dengan berjalan kaki ), maka disarankan pengunjung untuk menyiapkan perbekalan konsumsi selama berada di Rest Point (istirahat), karena untuk menyelesaikan pendakian tersebut, pengunjung harus benar-benar mengeluarkan tenaga ekstra, sehingga asupan nutrisi tubuh sangat penting untuk diprioritaskan.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Awas Jurang.
Sumber: Dokumen Pribadi
NB: Jangan sampai kehabisan stock makan dan minum.
Objek apa saja yang bisa pengunjung temukan selama melakukan perjalanan?
Walaupun memang sangat jauh perjalanan yang akan di arungi, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis hutan hujan Kalimantan Barat, belum lagi pengunjung akan sedikit kaget melihat beberapa tumbuhan Keladi raksasa yang sangat mengaggumkan ketika pengunjung  melintasinya.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Tumbuhan Keladi Raksasa.
Sumber: Dokumen Pribadi
5 – 6 Aliran sungai akan menjadi rintangan asyik tersendiri untuk dijajal, sungguh momen pertualangan yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Baca Juga: Kisah Pertualangan Kami Menerobos Alam Liar Borneo Menuju Air Terjun Terinting
Jika pengunjung sudah sampai di kumpulan Pondok para pekerja Hutan (tepatnya dibawah kaki bukit air terjun terinting), rintangan sesungguhnya akan tampak dengan pemandangan Tanah kuning menanjak hingga sudut kemiringan yang sangat mengaggumkan.

Lebih disarankan pengunjung menggunakan tali/akar sebagai pegangan pendakian, demi meminimalisir kecelakaan ketika mendaki, karena tepian perjalanan lebih didominasi jurang dari pada jalur yang rata.
Lebih dari 2 Jam pendakian untuk menyelesaikan medan terjal tersebut, hingga pengunjung benar-benar sampai di spot perkemahan air terjun terinting, tepatnya di tingkat 4.
Baca Juga: Air Terjun Kalbar Tertinggi di Indonesia Yg Belum Terekspos
Jika pengunjung telah sampai di spot perkemahan tersebut, lebih disarankan untuk segera langsung menyiapkan persediaan air untuk memasak dan lain-lain, jangan tunggu hingga gelap tiba disekitar bukit, karena sudut perkemahan tersebut memang terletak tidak jauh dari landainya jurang yang memiliki ketinggian 500 – 600 MDPL. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan pengunjung jika memang terpaksa untuk mengambil persediaan air pada malam hari.

Pada tingkat 4 ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan luas hutan hujan borneo tepat di atas awan, sehingga sangat tak heran banyak pengunjung yang sangat antusias memburu foto / video ketika pagi hari menyongsong.
Bagaimana bagi pengunjung yang ingin mengambil dokumentasi penampakan air terjun?
Dalam hal ini, pengunjung harus melakukan penurunan bukit melalui jalur yang lain, lebih disarankan untuk melakukan diskusi terlebih dahulu terhadap Guide yang dibawa, tentang bagaimana baiknya untuk mengunjungi lokasi bawah air terjun tersebut.

Karena pada saat musim penghujan, jalur yang dilalui beresiko berbahaya bagi pengunjung, belum lagi bagi pendaki yang masih pemula, tentu menjadi pertimbangan matang untuk melalui jalur tersebut.

Walaupun memang terbilang sulit dan penuh akan tantangan untuk mengunjungi wisata alam air terjun Terinting, pengunjung akan sangat puas jika mampu menyelesaikan sampai pulang, karena akan banyak pelajaran, momen, dan kenangan yang tak terlupakan untuk hari esok yang lebih baik.
Air terjun terkenal di indonesia memang bertaburan hingga ke pelosok negeri,terkecuali riam terinting ini yg mungkin bersemayam indah dalam hutan hujan kalbar.
Ketika Pagi Menyapa
Sumber: Dokumen Pribadi
Oleh sebab itu, ayo ajak teman atau kelompok kalian untuk melakukan pertualangan seru tersebut, dan akan lebih dramatis lagi jika pendakian dilakukan pada musim penghujan. ☺

Baiklah, demikian artikel kali ini yang mengulas tentang perjalanan, penelusuran, dan informasi mengenai Air Terjun Terinting, Kec Air Besar, Kab Landak, Kalimantan Barat.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran informasi bagi kalian yang benar-benar tertarik pada wisata alam kalbar yang satu ini. Kurang dan lebihnya dalam artikel ini, kiranya mohon dimaafkan.
Satu lagi, Jangan Lupa Bahagia.
Salam Travediser

4 komentar:

  1. menuju air terjun yang keren emang kudu jalan kaki berkilo-kilo, jarang banget air terjun bagus yg mudah dijumpai

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mbak intan..
      #salamlestari

      Delete
  2. Sukses buat team travedisi yang sudah sampai di Rombo Terinting. Ane penasaran ama keladi raksasanya karna waktu ane ngetrip ke situ tak jumpa.
    Salam Lestari
    Salam gembelers

    ReplyDelete
  3. Luar biasa kerennnnnn..
    Tp lumayan pegalnya pas pulang sampai kerumah jalan aja udah kyk pinguin tp smuanya capeknya terbayar dgan indahnya trinting..yg doyan makan cabe di trinting byak cabe lo gk perlu bwa dri rumah...sumpah kerennnnnnnnn salam traveling by.petra entikong kalbar

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer