Baca Juga
Loading...
Monday, September 5, 2016

7 Air Terjun Terindah di Kalbar - Wajib Di Kunjungi

Monday, September 05, 2016
7 Air Terjun Terindah di Kalbar - Dalam perihal wisata alam yang menyajikan sejuta pesona keindahan, tentu kita semua setuju bahwa di Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara di Dunia yang paling banyak menyajikan wisata alam, baik itu pegunungan, gugusan pulau, hutan, danau, lautan, riam dan air terjun.

Jika berbicara tentang kealamian hutan, tentu orang-orang di Indonesia banyak menunjuk ke arah Pulau Sumatra, Papua, dan Kalimantan.
Karena memang benar adanya, bahwa dari ketiga Pulau yang disebutkan di atas memang masih mempersembahkan Hutan yang masih terbilang lebat, sehingga tak heran sampai detik ini masih banyak beberapa wisata alam yang tersembunyi di dalam hutan tersebut.

Namun pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas terlalu dalam mengenai wisata alam yang ada di ketiga pulau tersebut, melainkan lebih spesifik terhadap Pulau Kalimantan saja, yaitu di tanah kelahiran penulis sendiri: Kalimantan Barat.

Oleh sebab itu, terkait dengan pernyataan di atas, kali ini saya akan membagikan tentang 7 Air terjun terindah yang ada di Kalimantan Barat.

Apa-apa saja itu?, berikut saya bagikan ringkasannya mengenai 7 Air terjun terindah di Kalbar, yang di anggap surganya petualang dan backpacker masa kini.

1. Riam Merasap
Riam yang diketahui masih satu aliran sungai Riam Pangar ini, benar-benar indah untuk dinikmati oleh para pengunjung yang suka dengan pemandangan air terjun, belum lagi pengunjung dimanjakan dengan suhu air terjun yang begitu sejuk ketika berada di bawahnya.
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Riam Merasap
Untuk perihal ketinggian, riam merasap memiliki ketinggian 20 Meter dan lebar 8 Meter, sehingga banyak orang-orang mengatakan bahwa riam merasap dikatakan miniatur air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat.

Jika Anda penasaran, terkait dengan rute, akses, dan akomodasi dalam kunjungan ke Riam Merasap, silahkan baca juga artikel Destinasi Wisata Riam Merasap yg Mempesona di Kalimantan

2. Riam Pangar
Walaupun sebenarnya terdapat perbedaan mengenai kata air terjun dan riam, namun dikalangan masyarakat masih lumrah dalam menyamakan kedua kata tersebut. :)
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Riam Pangar
Untuk Riam Pangar ini, memang memiliki ciri khas tersendiri dalam memanjakan pengunjungnya, selain indah dalam menyapa mata pengunjung.
Riam yang masih satu aliran sungai dengan riam merasap, di ketahui sering di jadikan oleh beberapa masyarakat sebagai ajang uji nyali ( Arung Jeram ), sehingga membuat riam yang terletak di Kab Bengkayang ini menjadi sasaran empuk bagi mereka para penyuka hobby Arung Jeram.

Selain itu, riam ini juga tidak terlalu sulit untuk di kunjungi, alias track jalan masih bisa dilalui dengan senyuman tawa, ya kira-kira 10 menitanlah dengan jalan kaki dari lokasi parkir kendaraan.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga artikel Ini lah Alasan Riam Pangar Kalbar Wajib di Kunjungi

3. Air Terjun Saputih Merambang
Air Terjun yang terletak di pelosok Kab Sekadau ini, tepatnya di desa Tinting Boyok ini merupakan satu-satunya wisata air terjun yang masih terlihat asri di daerah Tinting Boyok tersebut, walaupun lingkungan sekitar dari riam Saputih Merambang ini sudah banyak dikeliling oleh Kebun Sawit, tapi Air Terjun ini masih tetap pada performa nya (walau sudah sedikit keruh), sebenarnya kita tahu sendiri efeknya jika kebun sawit telah mendominasi alam sekitar?
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Air Terjun Saputih Merambang
Seperti contoh Air Terjun Semirah Merambang, yang mana telah diketahui air nya mengalami pencemaran, entah itu disebabkan oleh apa? saya tak dapat juga memastikan.
Hal tersebut membuat air dari riam Semirah Merambang berubah agak gelap.

Oleh sebab itu, tinggal lah riam Saputih Merambang ini yang masih mempertahankan keasriannya dari apitan kebun sawit sekitar.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai air terjun Saputih Merambang ini, baca juga artikel Air Terjun Bertingkat Saputih Merambang Kab Sekadau

4. Riam Macan
Riam yang terletak di Kab Sanggau ini merupakan salah satu pilihan pengunjung ketika berwisata di daerah Sanggau, selain akses jalan yang lumayan mudah ( bisa dilalui dengan kendaraan roda empat ), Riam ini juga di fungsikan sebagai tempat Goa Maria, yaitu sebagai sarana ziarah dan sembahyang Umat Katolik.
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Riam Macan
Maka riam ini akan ramai oleh pengunjung jika pada bulan-bulan Maria atau sebelum hari raya Paskah pada Agama Katolik.

Namun, walaupun terlihat religius... Riam ini terbuka untuk umum alias siapa saja dapat mengunjungi dan menikmati keindahan dari alam Riam Macan ini.

Untuk Informasi lebih jelasnya, mengenai akses, rute, dan akomodasi bisa Anda baca pada artikel Pesona Alam Riam Macan Kab Sanggau Menyegarkan Batin

5. Riam Sirin Punti
Untuk riam yang satu ini yang merupakan titik keindahannya terletak dari tingkatan Batu besar yang menghampar dari setiap sudut riam,
Selain itu, kabar baiknya bahwa riam Sirin Punti yang terletak di Desa Maragun Kab Sekadau ini masih bersemayam di dalam indahnya Hutan Lindung yang mengelilingi area sekitar.
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Riam Sirin Punti
Sehingga kesejukan dan pesona indah akan selalu membuai mata penunjung, sepanjang berkelana di sekitar riam tersebut.

Namun, untuk mencapai keindahan dari riam tersebut, tidaklah terlalu mudah, dibutuhkan semangat dan kemauan dalam melintasi perjalanan yang masih di dominasi dengan tanah kuning, licin, mendaki dan menurun.

Untuk lebih jelasnya mengenai track, rute dan akomodasi, baca juga artikel Pesona Alam Riam Sirin Punti Membius Jiwa

6. Air Terjun Bananggar / Melanggar / Mananggar / Banangar
Nah... tentu bagi Anda yang baru mendengar nama dari Air Terjun yang terletak di (Dusun Tauk) Desa Merayuh, Kec Air Besar Kab Landak ini, agak sedikit kebingungan dengan banyaknya panggilan dari nama Air Terjun ini.
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Air Terjun Banangar
Hal tersebut dikarenakan nama Air Terjun ini memang banyak persepsi dari beberapa kalangan yang pernah mengunjungi nya, seperti contoh, bahwa masyarakat asli sekitar Air terjun menyebut nama Air Terjun ini dengan nama Rombo Manangar, lalu ada yang menyebut mananggar, sedangkan dalam versi wikipedia menyebutkan Air Terjun ini dengan nama Melanggar, tapi jika di lihat dari plank nama, riam tersebut dinamakan Riam Bananggar.
Apalah arti dari sebuah nama?
Air Terjun Banangar merupakan sebuah patahan dari sungai landak yang memiliki ketinggian 60 Meter dan lebar 60 Meter.

Air Terjun ini terletak 18 KM dari jalan besar Kec Air Besar, dengan track yang lumayan melelahkan, namun semuanya akan terbayar ketika menyaksikan megahnya Air terjun ini secara langsung.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai track, rute dan akomodasi, silahkan baca juga artikel Kisah Air Terjun Banangar ini Akan Membuatmu Enggan Menyambanginya

7. Air Terjun Nokan Nayan
Air terjun Nokan Nayan merupakan air terjun terindah di bumi kalimantan barat ini, tetapi dikarenakan akses yang sulit dan banyak memakan waktu beberapa hari untuk mencapai ke air terjun "Surga yang terabaikan" ini, maka air terjun ini kurang familiar di kalangan masyarakat kalimantan.
Informasi panduan traveling,air terjun kalimantan barat,wisata alam kalbar,riam merasap,tikalong,riam berawan,nokan nayan,entugun,pancur aji
Air Terjun Nokan Nayan
Bayangkan saja, untuk menempuh ke Air terjun tersebut dari Kota Sintang, bisa memakan waktu 2 - 3 hari, dengan melalui jalur air dan darat, belum lagi akses yang semakin dalam ke arah Hutan yang masih belum terjemah oleh manusia, benar-benar menyulitkan bagi siapa yang mengunjunginya.

Salah satu orang yang pernah mengunjungi kesana adalah Pak Alan (Anggota DPRD Sintang 2014), perihal berkunjung tersebut pun dikarenakan keperluan dinas, berikut penuturannya:

Alan menceritakan, ketika dirinya pergi ke Nokan Nayan dari Nanga Ambalau, kendaraan yang digunakan adalah speedboat 15 PK. Perjalanan satu hari hanya sampai Desa Menantak. Kemudian dilanjutkan menggunakan longboat 2 PK hingga Desa Deme.
“Perjalanan ke Nokan Nayan tidak bisa menggunakan speedboat karena semakin ke hulu jalur semakin sulit. Puluhan riam deras dan berliku-liku harus dilewati. Tak jarang, longboat harus ditarik melewati riam berbatu,” katanya.
Untuk menuju puncak air terjun, sambung Alan, juga memerlukan stamina ekstra. Mengingat jalur yang dilewati adalah jalan setapak yang menanjak.
“Ketika naik ke puncak, perjalanan kami sekitar satu hari. Waktunya cukup lama karena membawa banyak barang. Kalau tidak membawa apa-apa,  bisa lebih cepat sampai ke puncak air terjun tertinggi,” katanya.
Wah.. sepertinya butuh persiapan yang matang untuk menelusuri Air terjun yang memiliki ketinggian 300 Meter ini.
Jujur.. saya sendiri belum pernah mengunjungi Air Terjun yang kata masyarakat setempat adalah "Surga yang terabaikan".

Oleh sebab itu saya juga berencana untuk mengunjungi kesana, dengan beberapa team yang siap untuk di ajak berpetualang.
Apakah Anda berminat untuk ikut? :) 
Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai Air terjun Nokan Nayan ini, baca juga Air Terjun Kalbar Tertinggi di Indonesia yg Belum di Ekspos

Sebenarnya masih banyak beberapa Air terjun dengan pesona yang indah di Kalimantan Barat ini, seperti Riam Berawan, Riam Dait, Riam Bedawat, dan Riam Terintik, namun dari ketujuh inilah yang mungkin kurang terlalu diekspos, sehngga berharap Anda semua yang membaca ini dapat lebih tahu mengenai referensi wisata alam di Kalbar.

Baiklah.. Demikian artikel kali ini yang membahas tentang 7 Air Terjun Terindah di Kalbar, bagi Anda yang tertarik dan suka dengan hal-hal traveling / perjalanan / backpacker, jangan lupa untuk membantu membagikan artikel ini melalui sosial media pribadi Anda.

Kurang dan lebihnya mohon di maafkan, sekian terima kasih. Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer