Baca Juga
Loading...
Saturday, August 20, 2016

Ini lah Alasan Riam Pangar Kalbar Wajib Anda Kunjungi

Saturday, August 20, 2016
Riam Pangar, Kalimantan Barat - Halo semuanya... selamat datang di catatan travelling saya yang sederhana ini :) .
Untuk Catatan kali ini, saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman saya terkait dengan wisata alam Riam Penggar, jadi saya harap dengan adanya artikel ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Riam Pangar.

Perlu Anda ketahui bahwa Riam Pangar merupakan destinasi wisata air terjun di kab bengkayang, tepatnya Kec Tujuh Belas (Sanggau Ledo).
Sebenarnya saya sendiri masih sedikit bingung terkait dengan penyebutan riam atau "air terjun" Pangar ini.
Destinasi wisata dunia tepatnya indonesia memiliki satu alam yang sungguh indah,yaitu riam pangar kalimantan barat, air terjun,arung jeram deras mempesona
Riam Pangar.
Dokumen Pribadi
Karena bila dilihat dari jarak ketinggian aliran airnya, Pangar dapat dikatakan sebuah Riam.
Namun jika dilihat dari lingkungan, Pangar dapat juga di sebut air terjun yang ada di kalimantan barat, karena lingkungannya yang berdekatan terhadap daerah perbukitan, selain itu suhu air nya juga sangat dingin dari air sungai biasanya.

Tapi... ya sudahlah.. saya ngikut saja, mau air terjun kek, Riam kek, Riam terjun kek, yang penting saya sangat menikmati suasana wisata alam ini.

Jadi bagi Anda warga kalbar atau warga luar kalbar yang sangat hobby melakukan traveling ke air terjun, saya sarankan Anda untuk segera pula mengunjungi Riam Pangar ini :) (bukan promosi ya).

Nah... jika Anda penasaran dengan informasi riam pangar, maka lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai.

Karena di bawah ini, saya akan menjelaskan tentang apa saja yang bisa Anda lakukan di Riam pengar, akomodasi, akses jalan menuju tempat lokasi, dan harga tiket sejenisnya yang perlu Anda bayar.

Riam pangar merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata air terjun yang ada di kalimantan barat.
Riam pangar menawarkan suasana alam yang hijau dan segar, sangat tampak sekali kesegaran alam tersebut menyapa, ketika kami baru saja sampai di tempat parkiran riam.

Saya sempat berfikir pada saat pertama berkunjung, baru saja saya sampai ditempat parkiran sudah disambut dengan suasana yang adem, apa lagi kalau sudah sampai di riam?

Berikut saya bagikan informasi terkait akses perjalanan atau rute yang bisa Anda lewati dalam menuju ke riam Pengar.
Berhubung saya tinggal di Kota Pontianak, maka saya asumsikan rute perjalanan tersebut dari Kota Pontianak. ( Bagi yang bukan dari Kota Pontianak, harap menyesuaikan rute ).

Tapi sebelumnya, tonton dulu video dokkumentasinya dibawah ini:
....
(Catatan: Klik judul video untuk menyaksikan secara fullscreen)

....
Singkat saja penjelasan rute nya, karena saya yakin 100 %, bagi Anda para pengunjung baru tidak bakalan sesat, karena didalam perjalanan Anda tak akan banyak menjumpai persimpangan, selain itu Anda akan di arahkan dengan plank - plank nama daerah yang bakalan membimbing Anda ke riam panggar.

Oke mari kita let's go !!!
Anda mulai berangkat dari Kota Pontianak > Siantan > Jungkat > Sungai Pinyuh > Anjungan > Menjalin > Karangan > Simpang 3 (nama daerah) > Gerbang Selamat datang Kab Bengkayang > Pusat Kota Bengkayang > Satu Atap > Lumar > Ledo > Sanggau Ledo > Kec Tujuh belas > Riam Pangar.
....
Berikut Rute nya Via Google Map

....
Rute tersebut merupakan rute yang telah saya singkat dalam perjalanan ini, karena nanti... dalam perjalanan yang sesungguhnya, Anda akan melalui banyak daerah yang tidak saya sebutkan diatas, karena saking banyaknya daerah yang dilewati, membuat saya lupa untuk mendeskripsinya satu persatu :) .

Lama perjalanan yang bakal ditempuh, kurang lebih 4 - 5 Jam + Istirahat (Saya Sarankan kepada Anda untuk melakukan istirahat ketika telah sampai di daerah karangan, karena daerah karangan merupakan pertengahan antara kota Pontianak dan kab Bengkayang).

Oh iya.. 5 jam perjalanan tersebut adalah lama perjalanan dari Kota Pontianak - Kab Bengkayang yah.
Sedangkan untuk lama perjalanan dari Kab Bengkayang - Kec Tujuh Belas atau Sanggau ledo, Anda harus menempuh perjalanan selama 2 - 3 Jam. ( Jadi total lama perjalanan jika dihitung dari Kota Pontianak menuju riam pangar, sebanyak 7 - 8 Jam perjalanan), namun semua nya tergantung kondisi.
Baca Juga: Destinasi Wisata Riam Merasap Kalbar Yang Berdekatan dengan Riam Pangar
Untuk masalah kendaraan, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau pun roda dua.
Lalu... setelah Anda sampai di Kec Tujuh Belas, carilah plank informasi yang menunjukkan Wisata alam Riam Pangar.

Setelah Anda menemukan jalur menuju riam pengar tersebut, maka Anda wajib melanjutkan perjalanan selama 5 - 10 Menit ke Riam Pangar.

Rute perjalanan menuju riam penggar ( 5 - 10 menit)
Jika Anda baru pertama kali menuju riam penggar, maka Anda akan kaget dan merasa beruntung.Mengapa saya katakan seperti itu?
Karena selain akan dimanjakan dengan suasana hijau wisata riam pangar, Anda juga akan di hadiahi 1 riam yang tak kalah indah dari riam penggar, yaitu riam merasap yang terletak beberapa kilometer dari riam pengar, dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 4 - 8 menit dari lokasi parkiran kendaraan riam pangar.
Nah... untungkan?
Ibarat pepatah... satu kali mendayung dua sampai tiga pulau terlampaui, hehehehe.
Namun karena artikel kali ini bukan membahas riam merasap, maka saya tak akan membahas lebih dalam terkait riam merasap.

Oh iya.. ada yang lupa saya sampaikan kepada Anda.
Untuk masalah tiket masuk, Anda tak perlu khawatir atau galau, karena saking murahnya tiket masuk riam pangar, Anda bisa mengaksesnya secara gratis, alias tak perlu membayar heheheh.
Tapi... nah ini ada tapi nya ya..
Demi keamanan kendaraan yang Anda parkir dilokasi parkiran, Anda wajib membayar biaya jasa tukang parkir kepada abang-abang yang menggunakan topi merah dan selalu memainkan ukulele :) (dulu sih... enggak tahu kalau sekarang, siapa tahu sudah regenerasi tukang parkir).

Kalau tidak salah, biaya parkir yang kami bayar dulu, sebesar Rp 20.000 (tahun 2015) untuk kendaraan roda empat, jadi bagi Anda para pengguna kendaraan bemotor, mungkin biaya parkirnya bakalan lebih murah.
Destinasi wisata dunia tepatnya indonesia memiliki satu alam yang sungguh indah,yaitu riam pangar kalimantan barat, air terjun,arung jeram deras mempesona
Lokasi Parkiran antar Riam Pangar dan Riam Merasap.
Dokumen Pribadi
Jadi anggap saja biaya parkir tersebut sebagai HTM (harga tiket masuk) riam pangar, benar enggak ? hehehe.

Cukup murah bukan? apalagi dengan hanya sekali bayar parkir, kita dapat menikmati 2 wisata riam sekaligus, yaitu riam pangar dan riam merasap.

Berhubung lokasi parkir terletak cukup jauh dari lokasi riam pengar dan Anda harus melewatinya dengan jalan kaki, disarankan hanya membawakan perlengkapan seperlunya saja ketika menuju ke riam pangar, karena medan yang naik turun perbukitan cukup berat bagi Anda yang terbiasa dengan jalan mulus perkotaan, dan lumayan licin ketika musim hujan.
Jadi.. berhati-hatilah.
Untuk Anda yang kebingungan mau menuju kemana setelah sampai di lokasi parkiran?
Anda bisa leluasa dan kepo bertanya terhadap abang tukang parkir yang telah saya ceritakan diatas.

Maka abang itu akan menjelaskan dengan detail, jalur yang mana untuk menuju ke riam pangar dan jalur mana yang menuju riam merasap.Tenang... abang nya baik kok, enggak bakalan deh Anda di kibulin, heheheheh.

Untuk masalah akomodasi atau penginapan, saya tak dapat memberikan informasi lebih.
Namun berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, sepertinya lokasi parkiran bisa Anda jadikan sebagai lokasi pendirian tenda, karena terlihat sekali bahwa tanah di lokasi tersebut dapat dibilang rata alias tidak bergunduk maupun bergelombang.

Jika Anda memang berniat dan tertarik memasang tenda di lokasi tersebut, saya sarankan untuk jeli memilih tempat yang jauh dari pohon durian.
Emang mau? Anda tidur dapat durian runtuh? hehehe.
Bagaimana untuk membangun tenda di dekat riam?
Jujur saja waktu kami mengunjungi riam Pangar, kami tidak sama sekali membangun tenda alias pulang hari.
Namun sebagai informasi saja, jika Anda membangun tenda di dekat riam, sepertinya bakal terasa menarik.

Coba bayangkan? selain Anda tak perlu dipusingkan mencari sumber air bersih.
Anda dapat membangun tenda di atas bukit masuk riam tersebut, dimana pemandangan akan terlihat menarik dari atas sini, sambil ditemani dengan kopi hangat dan suara merdu petikan gitar dan sorak sorai kegembiraan anggota pertendaan, maka Anda tak akan sia-sia berkunjung ke riam penggar.

Destinasi wisata dunia tepatnya indonesia memiliki satu alam yang sungguh indah,yaitu riam pangar kalimantan barat, air terjun,arung jeram deras mempesona
Pemandangan Riam Pangar Dari Atas Pondok.
Dokumen Pribadi
Bagi donk kopi nya :)
Ingat... deskripsi diatas hanya hipotesis saya saja, karena saya belum pernah sekali pun menginap atau sekedar membangun tenda di sekitar lokasi riam pangar.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan pada warga setempat, atau abang tukang parkir yang saya sebutkan sebelumnya.

Sepertinya tak etis rasanya, tidak berbagi suasana bahagia ketika saya berada di riam pengar kepada Anda semua yang membaca artikel ini.

Baiklah... berikut hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan di riam pangar selain melamun hebat :)

1. Dikarenakan air nya yang jernih dari perbukitan, sangat rugi jika Anda tak mencoba berenang langsung di kolam jatuhnya riam tersebut, maka Anda akan merasakan jarum-jarum dingin merefleksi tubuh Anda, walaupun cuaca sedang panas, air tersebut sangat dingin sekali bagi saya, ah.. mungkin pengaruh jarang mandi kali ya. hehehe.

Oh iya... demi keselamatan personal, saya sarankan ketika berenang, jangan terlalu dekat dengan pusaran jatuhnya riam tersebut, soalnya pernah terdengar rumor warga setempat, jika sudah terhisap atau bahasa gaulnya kelelep, susah sekali untuk tubuh kembali mengapung ke atas.
Mau percaya atau tidak, lebih baik cari aman saja kawan :) .

2. Riam pangar juga terdapat penyewaan perahu karet + guide, jadi bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan mengarungi deras nya sungai riam pengar, Anda wajib menyewa nya. Kalau tidak salah, biaya penyewaan sekaligus perlengkapan safetynya hanya berkisar Rp 50.000 (tahun 2015).
Cukup murah bukan?
Pokoknya seru lah... biar bisa teriak-teriak gak jelas gitu, apalagi bagi Anda kaum adam, segera bawa pasangan wanita Anda kesini, ajak dia mengarungi sungai riam pangar, dan ketika wanita tercinta Anda histeris, Anda dapat beraksi menjadi jack, biar kayak filem kapal titanic gitu. hehehehhe..

Bagi yang jomblo, saya hanya dapat mengucapkan, "kita senasib bro, dunia bakalan berputar kok" hahahaha.

3. Apalagi ya?
Oh iya.... bagi Anda yang merasa kemahalan untuk menyewa perahu karet sebagai rekreasi, Anda dapat menggantikannya dengan menaiki puncak bukit yang terletak disamping riam, dan disini Anda dapat menyaksikan tingkatan riam pangar yang begitu indah dari pada pemandangan riam sebelumnya yang dibawah. Saya sarankan untuk lebih berhati-hati ketika menaiki nya, karena banyak batu yang licin.
Destinasi wisata dunia tepatnya indonesia memiliki satu alam yang sungguh indah,yaitu riam pangar kalimantan barat, air terjun,arung jeram deras mempesona
Pemandangan Dari Puncak Riam Pangar.
Dokumen Pribadi.
Talent: Teguh dan Ahmad Edo
Intinya jangan sampai jatuh ke bawah, karena walaupun Anda jatuh di air, Anda tak dapat memprediksikan, apakah ditempat Anda jatuh tersebut aman dari tumpukan batu riam? batunya tajam-tajam loh, tak terhitung berapa kali kaki saya tercabik-cabik batu yang tak jelas selama menggila di riam pangar.

Pokoknya banyak deh yang bisa Anda lakukan di riam tersebut, bisa nyantai dipondok atas atau mondar mandir enggak jelas :) (enggak tahu juga, apakah pondok tersebut masih ada atau sudah roboh).

Intinya Anda jangan lupa untuk mendokumentasikan semua kegiatan Anda selama di riam pangar, seperti membuat vlog, potograph, selfie, gruvie atau menulis.

Destinasi wisata dunia tepatnya indonesia memiliki satu alam yang sungguh indah,yaitu riam pangar kalimantan barat, air terjun,arung jeram deras mempesona
Kondisi Arus Ketika Berada Di Puncak Riam.
Dokumen Pribadi.
Talen Ahmad Edo
Tunjukkan ekspresi bahagia Anda selama berkunjung di kekayaan wisata alam milik Tuhan yang satu ini, dan jangan lupa bersyukur akan nikmat-Nya.
Loh.... kok jadi religius gini ya?
Ah... intinya begitulah.

Bagaimana kawan? apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke riam pangar?
Bagi Anda warga Pontianak, sempatkanlah datang ke riam pangar, saya pastikan tempatnya lebih berasa adem, dari pada study tour ke Mall, ( Hoh ? study tour kok ke Mall? Hehehe ).

Baiklah... dari hal - hal yang telah saya sampaikan di atas, hanya lah bermaksud memperkenalkan dan mempromosikan terkait kekayaan alam Tuhan yang berhak Anda nikmati dan rasakan, tak ada unsur paksaan atau pun menipu.

Karena tulisan ini murni dan jujur berdasarkan apa yang telah saya rasakan, bukan berdasarkan sudut pandang si a atau si b.

Kiranya mohon di maafkan jika terdapat kesalahan penulisan yang mungkin membuat Anda sedikit agak bingung akan maksud penyampaian yang saya tulis :) .

Demikian artikel traveling kali ini, mengenai Alasan Riam Pangar Wajib Anda Kunjungi !
Apalagi alasannya selain keindahan dan Keseruannya?

Bagi kalian yang setuju dengan apa yang saya sampaikan, kiranya berkenan untuk membagikan artikel ini melalui sosial media pribadi kalian, dan jangan lupa untuk berlangganan Artikel Travedisi, karena akan banyak update seru mengenai lokasi Wisata, kuliner, wisata horor dan perihal lainnya mengenai dunia traveling.
Sebelum menutup Artikel, Baca juga Kisah Air Terjun Banangar Mengenai Pertualangan Kami
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer