Baca Juga
Loading...
Tuesday, August 23, 2016

Inilah Air Terjun Bertingkat Saputih Merambang Yg Wajib Dikunjungi

Tuesday, August 23, 2016
Air Terjun Saputih Merambang, Kalimantan Barat - Masih terdapat banyak wisata alam yang tersembunyi di tanah borneo. Oleh karena itu, banyak para pemburu destinasi alam berbondong-bondong untuk menggali keistimewaan tersebut.

Beberapa kiat menggali informasi wisata alam tersebut adalah dengan menyusuri setiap daerah yang belum diketahui, bertanya terhadap teman, atau membaca di blog website yang special membahas traveling dan backpacker.

Sehingga informasi tersebut sangat penting sebagai modal nge trips atau sekedar liburan.
Maka dari itu saya selaku penulis Travedisi ini akan membagikan ulasan perjalanan dan destinasi wisata alam Air Terjun Saputih Merambang yang memiliki pesona 7 tingkat batu riam.
Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Pesona Air Terjun Saputih Merambang Dari Atas.
Dokumen Pribadi
Mungkin wisata air tersebut begitu asing di telinga Anda. Jika memang begitu adanya?
Maka tepat sekali Anda datang dan membaca ulasan traveling dari salah satu dari wisata air yang ada di Kab. Sekadau, Kalimantan Barat ini.

Perjalanan ini bermula ketika kami yang tergabung dari 5 anggota ( Arsen, Seto, Manto a.k.a Palel, Egi dan saya sendiri ) berkunjung ke Air Terjun Semirah Merambang.

Di campur dengan sedikit kekecewaan dan puas karena riam atau air terjun semirah merambang yang dulu nya jernih dan indah, sekarang berubah menjadi tercemar limbah.
Lalu teman saya yang bernama Seto menyarankan untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun Saputih Merambang, yang katanya masih sepupuan dengan riam semirah merambang.

Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Rute Perjalanan Peniti - Desa Tinting Boyok.
Dokumen Pribadi
Di karenakan saya pendatang baru di daerah Kab. Sekadau dan masih belum tahu apa-apa terkait referensi wisata alam yang ada di situ, maka saya dan teman-teman yang lain setuju dengan ajakan si Seto barusan.

Yah... berharap kondisi dan situasi alam air terjun Saputih Merambang tersebut dapat menghibur hati kami yang telah dikecewakan oleh tercemarnya air riam semirah merambang.

Adapun deskripsi singkat dari air terjun riam Saputih merambang adalah sebuah aliran air perbukitan yang menurut teman saya tak tahu asal muasal nya dari mana, sehingga aliran air tersebut menjadi indah dan tersusun rapi dengan beberapa batuan curam (kurang lebih7 tingkat), ditambah dengan patahan yang lumayan tinggi dari atas, maka membuat mata ini menjadi takjub terhadap air terjun bertingkat yang ada di Kab Sekadau ini.
Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Pesona Air Terjun Saputih Merambang dari Bawah.
Dokumen Pribadi
Namun menurut saya pribadi, yang membuat saya kaget sekaligus takjub bukan kepalang, air terjun Saputih Merambang ini masih mampu bertahan dari alam yang sudah terkontaminasi oleh kebun sawit.
Namun jangan khawatir, ada juga loh Riam di Sekadau yang benar-benar Asri dan jauh dari perkebunan sawit, baca juga Pesona Alam Riam Sirin Punti Membius Jiwa
Karena secara merata sekeliling riam tersebut sudah tertata rapi proyek kebun sawit, yang mana tinggal menghitung waktu saja untuk Air Terjun tersebut mempertahankan keindahan alam nya.
(semoga baik-baik saja, agar setiap generasi dapat menikmati pesona riam Saputih merambang itu)
Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi air terjun tersebut, berikut saya bagikan ringkasan akses dan rute dalam mengunjungi riam atau air terjun Saputih Merambang via Google Map:

....
Kota Pontianak - Kab Sekadau (Desa Peniti)

Desa Peniti - Desa Tinting Boyok


....
Seperti biasa, saya asumsikan perjalanan dimulai pada Kota Pontianak, lalu kalia kunjungi Kab Sekadau, namun letak kecamatan daerahnya sebelum dari Kota Sekadau, lebih tepatnya di Kec Sekadau Hilir (Rawa), melewati daerah Peniti maka Anda akan menemukan gerbang plank yang bertuliskan "Selamat datang di lokasi wisata Semirah Merambang", lalu susuri perjalanan tersebut hingga masuk ke jalur sawit yang penuh kelok ( Saya sarankan untuk bertanya ke warga setempat, karena di jalur sawit ini sedikit membingungkan bagi para pendatang baru ).

Saksikan video dokumentasi mengenai Air Terjun Saputih Merambang
Jangan Lupa Subscribe yah :)

....

Dalam perjalanan menyusuri jalur kebun sawit, maka Anda harus melewati desa Tinting Boyok, lalu terdapat plank riam Saputih Merambang, seperti gambar dibawah ini.
Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Plank Selamat Datang yang berada di Desa Tinting Boyok.
Dokumen Pribadi

Estimasi perjalanan dari jalan besar, kira-kira sampai 25 KM, sehingga durasi perjalanan bisa sampai 1 - 2 jam, tergantung dari gaya berkendara di jalur off road :) .
Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Beberapa akses perjalanan dalam menuju Air Terjun Saputih Merambang.
Dokumen Pribadi
Bagaimana dengan tiket atau biaya semacamnya?
Perlu Anda ketahui bahwa pengunjung tidak akan di pungut sepeserpun terkait dengan tiket atau biaya semacamnya alias gratis.
Ya... palingan biayanya hanya untuk mengisi BBM dan perbekalan makan minum Anda.
Bagaimana dengan masalah penginapan atau akomodasi lainnya? 
Menurut pengalaman pribadi saya dan teman-teman yang sudah berkunjung di Riam Saputih Merambang ini, kami tak mendirikan tenda atau menginap di sekitar Riam, karena jarak kediaman rumah teman saya tidak terlalu jauh dari riam tersebut, jadi kami memutuskan untuk pulang hari (tidak menginap).
Kumpulan air terjun di kalbar tentu menambah manis destinasi wisata alam borneo, Riam Saputih Merambang kab sekadau menyajikan keindahan pesona hutan asri
Suasana Pengunjung Ketika Berada di Puncak Air Terjun.
Dokumen Pribadi
Namun jika Anda berencana menginap atau berkemah di sekitar riam, saya sarankan kepada Anda untuk mendirikan tenda pada bagian atas riam, karena selain terdapat lapangan yang rata, di atas riam tersebut memiliki pemandangan yang indah dan dekat dengan puncak air alias di tingkat yang ketujuh, namun dikarenakan alam yang sudah sedikit enggan bersahabat terhadap manusia, jadi harap maklum jika Anda sedikit melihat kekeruhan pada hulu sungai tersebut, karena hanya hutan riam ini yang tersisa dari sekeliling kebun sawit yang ada.
Apa-apa saja objek pemandangan yang dapat di nikmati sekitar riam Saputih Merambang?
Dikarenakan spot kedatangan langsung berada di atas puncak riam, saya sarankan kepada Anda untuk turun kebawah riam melalui akses jalan tikus yang lumayan ekstreme tapi seru untuk dilakukan.

Karena jika Anda melihat riam ini dari bawah, maka rasa takjub dan penuh syukur terhadap Sang Pencipta akan bergelora di hati Anda karena pesona nya yang luar biasa, belum lagi ketika melihat banyak lumut di setiap bebatuan yang ada di dasar riam, hal tersebut menunjukkan bahwa dasar riam tersebut jarang di jamah atau di kunjungi manusia.

Pokoknya keindahan akan semakin menjadi-jadi jika berada di dasar riam tersebut, selain bisa merasakan derasnya guyuran riam tersebut, Anda juga bisa mengabadikan momen-momen seru bersama teman-teman Anda ketika berada di dasar riam tersebut.

Bagaimana? apakah Anda sudah mulai tertarik? jika tertarik dan ingin informasi lebih lanjut mengenai destinasi wisata alam riam 7 tingkat Saputih Merambang ini, Anda bisa menghubungi atau sekedar bertanya melalui kontak yang saya cantumkan di Panel Tentang Penulis.

Sepertinya hanya ringkasan informasi tersebut yang bisa saya bagikan kepada Anda semua pengunjung setia Travedisi, walaupun sebenarnya masih banyak beberapa informasi mendetail yang harus saya sampaikan melalui artikel riam Saputih Merambang ini, namun sepertinya jika terlalu panjang kalimat yang tulis akan membuat Anda bosan untuk membacanya.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang pesona Air Terjun Bertingkat Saputih Merambang Yg Wajib Dikunjungi, Kalbar, Kab Sekadau.
Kurang dan lebihnya mohon di maafkan, untuk mengetahui artikel terbaru dengan cepat, saya persilahkan kepada Anda untuk berlangganan dengan mensubmit alamat email "berlangganan artikel" secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Tenang saja email artikel yang dikirm bukan spam dan scam.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Sebelum menutup artikel, baca juga Inilah Air Terjun Kalbar Tertinggi di Indonesia yg Belum Terekspos

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer