Baca Juga
Loading...
Thursday, August 25, 2016

Inilah Air Terjun Kalbar Tertinggi di Indonesia Yg Belum Terekspos

Thursday, August 25, 2016
Air Terjun Nokan Nayan, Kalimantan Barat - Percaya atau tidak di Bumi Borneo tepatnya disebelah barat masih banyak tersembunyi pesona alam yang masih perawan dari riuhnya modernisasi, baik itu untuk sebuah bukit, danau, pulau, atau air terjun.

Sehingga dalam hal tersebut, saya akan membagikan informasi terkait air terjun kalbar yang belum terlalu di ekspos ke media luas, baik itu elektronik maupun konvensional.

Dan berharap akan semua itu, Anda yang telah membaca ini membantu juga untuk membagikan kepada teman, sahabat, dan keluarga terdekat, agar pesona alam yang masih perawan ini dapat diketahui dan dinikmati oleh siapa saja, khususnya warga Kalimantan Barat yang belum tahu.

Jika Anda telah penasaran dengan nama air terjun tersebut, berikut deskripsi singkatnya.
Bukti bahwa di kalbar memiliki air terjun tertinggi di dunia dan di Indonesia,air terjun nokan nayan 300 m,berada di kab sintang,kec ambalau,desa deme kalbar
Sumber Gambar: @yocky_ky (Instagram Photo)
Air terjun Nokan Nayan merupakan air terjun tertinggi di Kalimantan Barat yang memiliki ketinggian 180 Meter (Via Kompasiana(dot)com) atau 300-an Meter (Via Kalimantannews(dot)com), Anda bisa cek sendiri kebenaran tentang ketinggiannya melalui website dalam tanda kurung tersebut.

Berikut bukti, bahwa Air Terjun Nokan Nayan masuk sebagai Air Terjun Tertinggi di Indonesia.
Bukti bahwa di kalbar memiliki air terjun tertinggi di dunia dan di Indonesia,air terjun nokan nayan 300 m,berada di kab sintang,kec ambalau,desa deme kalbar
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_air_terjun_tertinggi_di_Indonesia ( di Update 1 Juni 2015 )
Dari screen shot di atas, Air terjun Nokan Nayan bisa menjadi air terjun tertinggi ke 1, jika terbukti ketinggiannya mencapai 300 meter, sedangkan jika terbukti hanya 180 meter, maka Air Terjun Nokan Nayan di peringkat 3 tertinggi di Indonesia.

Sedangkan untuk tertinggi di dunia, Air Terjun Nokan Nayan masuk di peringkat ke 33, jika terbukti tingginya mencapai 300 Meter, berikut data screen shotnya:
Bukti bahwa di kalbar memiliki air terjun tertinggi di dunia dan di Indonesia,air terjun nokan nayan 300 m,berada di kab sintang,kec ambalau,desa deme kalbar
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_air_terjun_tertinggi_di_dunia (di Update 2 Maret 2016)
Saking tingginya, pemandangan derasnya air pada dasar air terjun tersebut hanya menghasilkan gumpalan embun saja, hal tersebut dikarenakan banyak nya bebatuan yang memecah jatuhan air terjun hingga menjadi embun.

Untuk keberadaan air terjun Nokan Nayan adalah terletak di ujung Kec Ambalau di Desa Deme, Kab Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut informasi yang saya dapat melalui kedua website tersebut, diketahui bahwa ada satu orang yang telah menginjakkan kaki ke Air Terjun tertinggi tersebut, yaitu Bapak Alan, yang kebetulan pada saat itu menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sintang.
Bukti bahwa di kalbar memiliki air terjun tertinggi di dunia dan di Indonesia,air terjun nokan nayan 300 m,berada di kab sintang,kec ambalau,desa deme kalbar
Sumber: kalimantan-news.com
Diketahui Pak Alan berkunjung ke Air Terjun Nokan Nayan karena pekerjaan Dinas, bisa dikatakan untuk mensurvey potensi Air Terjun tersebut sebagai Sarana pembangkit listrik.
Nokan Nayan memiliki pemandangan yang bagus dan eksotis, sekaligus memberikan potensi terhadap tenaga pembangkit, ditambah banyak lagi sumber daya yang ada sekitar Nokan Nayan, akan membuat daerah tersebut bisa lebih maju, Kata Pak Alan.
Memang benar, ketika saya menyaksikan penampakan air terjun tersebut melalui media video youtube, benar-benar menyajikan panorama indah disertai suara gemuruhnya air yang menambah kesan eksotis.

Ya.. bisa Anda bayangkan, dengan menyaksikan langsung air terjun setinggi 300-an meter, bagaimana perasaan Anda sebagai manusia yang mencintai alam?

Namun untuk menikmati keindahan alam tersebut, harus dibayar dengan jerih payah dalam perjalanan menuju muka Air Terjun Nokan Nayan tersebut.
Baca juga kisah dan pertualangan seru dalam Menjelajah Pesona Alam Air Terjun Banangar Kab Landak
Selain jalur transportasi yang rumit, dan akses yang bermacam ragam, seperti jalur sungai, jalan setapak, dan mendaki turun perbukitan, telah diketahui juga perjalanan nya benar-benar menyita banyak waktu, yaitu bisa sampai 1 - 2 Hari (tergantung kondisi).

Dan itu pun hanya diperkirakan untuk sampai ke Kec Amabalau saja, belum termasuk perhitungan waktu dalam mencapai Air Terjun Nokan Nayan.

Dapat diperkirakan, jika pengunjung memulai perjalanan dari Kota Sintang, bisa mencapai 4 Hari perjalanan.

Berikut perkiraan rute yang akan dilewati pengunjung hingga sampai ke Air Terjun Nokan Nayan via Google Map ( Pontianak - Sintang ).


Rute perjalanan Kota Sintang - Kec Ambalau


....

Perjalanan darat dilakukan dari Kota Sintang hingga ke Nanga Amabalau, lalu dilanjutkan dengan menyebrangi sungai untuk mencampai Desa Menantak yang diketahui menggunakan Speedboat 15 PK, dengan estimasi perjalanan bisa lebih dari 14 Jam.

Lalu ketika sampai di Desa Menantak dilanjutkan kembali perjalanan dengan menyebrangi sungai menggunakan Longboat 2 PK hingga sampai ke Desa Deme.

Untuk mencampai lokasi Desa Deme memang benar-benar meningkatkan adrenalin, karena sungai yang dlewati masih rawan dengan puluhan derasnya Riam yang menanti di setiap sudut perjalanan, sehingga dalam hal ini kemampuan pengendara / Nakhoda benar-benar harus teruji dalam mengelak beberapa tarikan arus riam, ditambah juga waktu perjalanan yang dapat menghabisan hingga 1 harian.
Cukup Melelahkan Bukan ? Ayo yang berjiwa petualang tinggi, Berani coba enggak? heheh
Setelah sampai di Desa Deme, pengunjung wajib beristirahat terlebih dahulu, karena untuk menempuh kembali perjalanan ke Nokan Nayan harus benar-benar dalam kondisi fit dan berstamina tinggi, karena jalur yang akan dilewati bukan lah sembarang jalur, melainkan memiliki banyak tanjakan dan turunan yang terjal, sehingga tak heran jika waktu perjalanan dalam menempuh ke lokasi Air Terjun tersebut bisa mencapai 1 Hari.

Jadi, jika waktu perjalanannya ditotalkan dari Kota Pontianak bisa mencapai satu minggu, karena penjelajah juga butuh istirahat.

Dibalik keindahan pesona alam Air Terjun Nokan Nayan yang masih perawan alias masih asri, tentu memiliki beberapa mitos dan cerita Ghaib yang lumayan menantang akal sehat.

Karena menurut informasi yang saya dapat berdasarkan sumber website yang saya cantumkan dibawah artikel ini.

Berikut video dokumentasi mengenai penampakan Air Terjun Nokan Nayan.


....

Lokasi Nokan Nayan dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai Markas nya para Roh-roh halus, karena memang jauh dari permukiman warga terdekat.

Sehingga biasanya lokasi Nokan Nayan masih sering digunakan oleh beberapa orang pemberani untuk melakukan ritual adat, baik itu hanya memberikan persembahan atau pun menyampaikan keinginan cita - cita pribadi maupun kelompok.

Jadi bagi Anda yang akan berkunjung ke Air Terjun Nokan Nayan, alangkah lebih baik untuk mengikuti saran berikut terkait dengan pantangan yang tak boleh di langgar.
  1. Sudah jelas, dimana pun kita berada, tidak boleh mengucapkan kalimat sembarangan, apalagi dalam volume suara yang tinggi, jadi jangan ngomong sembarangan, usahakan sopan santunlah terhadap penghuni lama disitu, walaupun sebenarnya derajat manusia memang lebih tinggi :)
  2. Nah... yang kedua ini terdengar sedikit ekstreme, yaitu tidak boleh bernafas terlalu berlebihan, baik itu karena kecapekan atau tidak sengaja, entah apa maksud dari semua itu, pokoknya jalani saja biar aman sentosa dan selamat sampai pulang :)
  3. Untuk yang ketiga ini lebih aneh dan menantang, yaitu pengunjung tidak boleh istirahat sambil bersandar, memang belum jelas tidak boleh bersandar dimana? namun untuk kiat aman, alangkah lebih baik bagi Anda yang berkunjung, istirahat nya langsung berbaring saja atau hanya jalan-jalan kecil disekitar Air terjun, sambil mengontrol nafas yang terlelah karena perjalanan.
  4. Selain pantangan yang harus pengunjung patuhi, tak lupa juga saya menyarankan untuk membawa bekal perbekalan dan makanan yang lebih, karena letak Air terjun Nokan Nayan ini memang terlampau jauh dari keramaian pasar. Lebih baik kelebihan dari pada kekurangan !
Baiklah... kiranya hanya itu dulu informasi Air Terjun Nokan Nayan yang dapat saya bagikan kepada Anda,  sebenarnya masih banyak beberapa hal yang harus disampaikan mengenai rute, akses, akomodasi, dan lain-lain yang kiranya urgen bagi pengunjung baru ketahui.

Minimnya informasi tersebut dikarenakan saya juga belum pernah dan belum siap budget untuk mencampai lokasi Air terjun Nokan Nayan tersebut.

Namun jika planing untuk menuju Air Terjun Nokan Nayan tersebut berhasil saya lakukan, saya berjanji untuk mempublikasikan semua yang saya dapat dan semua yang saya rasakan selama berpetualang ke Air Terjun Nokan Nayan Tersebut.

Demikian artikel kali ini yang membahas Air Terjun Tertinggi Kalbar tertinggi di Indonesia yang Belum Terkspos Luas yaitu Air Terjun Nokan Nayan, Desa Deme, Kec Ambalau, Kab Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ke khalayak ramai melalui sosial media pribadi Anda.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Sampai Jumpa di Artikel Travedisi selanjutnya.
Sebelum menutup artikel, tahukah Anda bukit tertinggi di dunia?, oleh sebab itu baca juga Kalbar Punya Bukit Batu Tertinggi di Dunia
Sumber:
- http://www.kalimantan-news.com/berita.php?idb=27800
- http://www.kompasiana.com/aliandre/inilah-surganya-kalimantan-barat_564f1f3c7197738409b6e6bb

21 komentar:

  1. waduh kalo jalan-jalan diwilayah pegunungan apalagi yang ada air terjunnya terus kita mandi dan ada larangan nggak boleh nafas bagaimana tu maz, sedangkan kalo mandi di air terjun biasanya nafas itu sesak dan sedikit ngap"an loh...
    kalo pantangan yang ketiga sih bagus karena kalo lagi mgos-ngosan terus tiduran sambil bersandar itu otomatis sedikit mengganggu pernafasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nafas, asalkan tidak terengah-engah... (mungkin sisi positif nya mengajarkan kita untuk mengolah pernapasan dengan baik, agar tubuh tetap bugar ) hehehe.
      Intinya kembali lagi dengan percaya tidak percaya.
      Ya kita sebagai pendatang, tak ada salahnya untuk mengikuti tradisi tersebut, biar aman ampe pulang.. hehehe.
      Terima kasih kunjungannya mbak.

      Delete
  2. Kepengen mengunjungi tapi agak jauh yaa, izin share yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, bisa 1 mingguan kalau dari Pontianak.
      Bukan karna jauh nya juga sih, tapi karena akses untuk menuju ke Nokan nayan memang begitu sulit untuk dilalui.

      Delete
  3. Sayang sekali, padahal ini keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mas.
      Semoga cepat diperhatikan oleh para" petinggi pariwisata.

      Delete
  4. wah thx infonya,bisa jadi destinasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. sama-sama mas marco :)
      Ayo buruan kemari mas, berpetualang bareng, hehehe

      Delete
  5. nice info gan, asik kayaknya kesitu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti asyik.
      dan tentunya atmosfer pertualangannya bakal terasa, karena harus melalui 2 kali penyebrangan yang memakan waktu berjam-jam atau bisa sampai berhari-hari.

      Delete
  6. keren bgt gan sayang.... ah sudalah :(

    ReplyDelete
  7. Jadi penasaran pengen kesitu...kayaknya recomemded tuh

    ReplyDelete
  8. Gua belum tau info ini mas apalagi saya orang KALIMANTAN BARAT, boleh juga nih nnti pas pulang liburan Semester kesana, kelihatannya asik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan,, di tunggu update lokasinya lebih lanjut.
      semangat gan. :d

      Delete
  9. Salam...
    Bokanayan terbilang cukup kental dg bidaya suku dayak d sana, yg konon katanya pd musim panen turun putri dri kayangan. °Apa skarang msih..?
    Kec.Ambalau terbilang sangat jauh karna akses penghubung lajur darat rusak parah. °Kapan sidok pemerintah nyemaet e...? Sbgai alternative bisa melalui perjalanan sungai Melawi, lebih kurang 4 jam perjalanan dari Kab.Melawi-Kec.Ambalau. °Bagaimana wisatawan lokal hngga mancanegara mau brkunjung dg lumpuhnya akses ke lokasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, lokasi tempuh nya memang sangat jauh dan akses sangat terbatas, pokoknya benar" menguras tenaga dan biaya untuk berkunjuk ke nokan naya.
      terima kasih kunjungannya mas. (h)

      Delete
  10. Saya berada di Nokan Nayan februari 1984, bersama ayah saya H.M. Saleh Ali dan teman2 beliau. Ayah saat itu melakukan pengukuran sederhana dengan mengulurkan tali ke dasar ngarai, ujung tali yg diturunkan di beri pemberat dan kain merah (celana hawai merah) utk penanda jika sudah menyentuh dasar. ukuran yang didapatkan adalah 175 meter. Tapi saat itu sedang musim hujan, sungai didasar ngarai dalam kondisi pasang. kain merah tsb berada di atas permukaan sungai.. berapa dalam dasar sungai? saya tidak tahu..

    ReplyDelete
  11. Pada tahun 2002.. beberapa teman pergi lagi kesana bersama 4 orang turis dari Jerman dan Austria.. saat itu musim kemarau.. seorang turis bernama Michael Leitzinger melakukan pengukuran dengan alat semacam GPS.. ukuran yang didapatkan 240meter... saya juga heran mengapa selisihnya jauh sekali dengan ukuran versi ayah saya, 18 tahun sebelumnya. yaitu selisih 65meter.. . apakah Alat si turis itu mengukur sampai ke dasar sungai.. entahlah.. saya juga tidak tahu.. tapi kalau angka 300 meter, seperti yang di sebut diatas.. menurut saya.. tidak sampai segitu..

    ReplyDelete
  12. Mungkin angka ketinggian 300 meter itu bukan untuk NOKAN NAYAN.. tapi angka ketinggian untuk NOKAN TERANGIT.. yang terletak jauh lebih ke hulu dan lebih keatas dari NOKAN NAYAN.. saya sendiri belum pernah kesana.. hanya mendengar cerita dari orang orang suku dayak Od Danum yang pernah kesana.. yang sering mencari sarang burung walet.. menurut cerita mereka NOKAN TERANGIT memang jauh lebih tinggi dari NOKAN NAYAN.. NOKAN TERANGIT letaknya di atas awan.. bisa jadi 300 meter.. 500m atau 100m.. entahlah.. belum pernah ada yang mengukur.. tapi debit airnya jauh lebih kecil.. air yang jatuh ke dasar lebih menyerupai embun..

    ReplyDelete
  13. little Niagara in Indonesia

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer