Baca Juga
Loading...
Wednesday, December 9, 2015

Destinasi Wisata Riam Merasap Yang Mempesona Di Kalimantan

Wednesday, December 09, 2015
Destinasi Wisata Riam Merasap Yang Mempesona Di Kalimantan - Destinasi Wisata Riam Merasap Yang Mempesona. Banyak sekali destinasi wisata yang ada di nusantara, tidak terlepas dari pulau yang dikenal dengan pulau yang memiliki paru – paru dunia yang masih asri dan alami yaitu Kalimantan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa wisata di Kalimantan khususnya wisata alam masih jauh dari kata layak bagi para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Informasi mengenai destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat.
Air terjun Merasap di Bengkayang Kalimantan Barat
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai sebuah destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat. 

Riam Merasap yang berada di sebuah kabupaten yang berada di sebelah barat kota Pontianak, yaitu Kabupaten Bengkayang. Lokasi ini tidak jauh dari ibukota Pontianak. 

Anda dapat menggunakan jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam dari ibukota Pontianak menuju pusat kabupaten Bengkayang, anda dapat menggunakan motor, mobil pribadi ataupun angkutan umum, seperti bus antarkota dll.


Saat memasuki bengkayang anda akan disambut oleh pegunungan dan hamparan sawah yang sangat mempesona, dan yang pastinya akan membuat hati anda menjadi damai. 

Di Kabupaten bengkayang anda dapat singgah di beberapa warung makan dengan suguhan menu tradisional khas Kalimantan Barat untuk perbekalan menuju pusat destinasi wisata riam merasap ataupun sekedar cemilan untuk dijalan.
Bicara soal cemilan, berikut cemilan nusantara yang wajib Anda coba, baca juga : 3 Kuliner tradisional khas nusantara yang wajib dicoba
Dari pusat kota Bengkayang anda dapat melajutkan perjalanan menuju pusat destinasi wisata riam merasap yang berada di kecamatan Sanggau Ledo yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan darat dari pusat kota Bengkayang, dan jangan lupa pula untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan riam merasap tersebut. 

Karena saya yakin semua lelah yang anda rasakan di perjalanan akan terbayar lunas saat sampai di air terjun yang berada di lokasi riam merasap tersebut.

Saat sampai di lokasi destinasi wisata riam merasap yang berada tepat di Kecamatan Sanggau Ledo anda harus memarkirkan kendaraan di tempat parkiran yang telah disediakan, biasanya untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 5000 rupiah, dan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar Rp 20.000 rupiah. 


Di lokasi ada beberapa fasilitas umum yang dapat di gunakan, seperti WC umum, kantin kecil dan sebagainya. Untuk WC umum dan tiket masuk tidak dikenakan biaya sepeserpun. Dari tempat pemarkiran mobil anda harus menempuh rute berjalan kaki untuk sampai di riam dan Air Terjun Merasap, dengan waktu tempuh kurang lebih 5 menit.

Informasi mengenai destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat.
Riam Pengar/ air terjun Pengar yang tidak jauh dari Air terjun merasap
Di pusat destinasi riam merasap ada dua buah Air Terjun yang sangat mempesona dan masih sangat perawan dari jamahan para wisatawan – wisatawan asing. 

Yang pertama ada yang dikenal dengan nama Air Terjun Pengar atau ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Penggar, yaitu sebuah air terjun bertingkat dengan ketinggian kurang lebih 20 meter pada tingkat pertama dan pada tingkat kedua berketinggian sekitar 5 meter. 

Di lokasi air Terjun ada disediakan fasilitas perahu karet bagi anda yang menyukai tantangan derasnya air riam yang bercampur batu alam yang berhamparan disekitar riam. Untuk penyewaan perahu karet akan dikenakan biaya Rp 50.000 Rupiah / orang.
Dikarenakan Riam Merasap masih satu aliran sungai dengan Riam Pangar, Baca Juga : Inilah Alasan Riam Pangar Kalbar Wajib Anda Kunjungi
Informasi mengenai destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat.
Pesona air terjun pengar di atas ketingian 20 meter
Air terjun yang kedua bernama air terjun Merasap, berada tidak jauh dari air terjun Pengar, air terjun ini berlokasi di hulu riam pengar yang berjarak sekitar 200 meter ke arah hulu. Air Terjun ini memiliki Ketinggian sekitar 27 meter dengan pemandangan riam yang tidak kalah mempesonanya.

Asal mula air terjun ini diberi nama Merasap Karena butiran air yang jatuh dan hempasan yang keras dari air mengakibatkan embun yang menyerupai asap, maka air terjun ini dikenal dengan nama air terjun Merasap atau lebih dikenal dengan nama Riam Merasap. 


Dari cerita rakyat setempat air terjun ini dulunya sering memakan korban, rata – rata korban adalah anak bungsu dan anak paling tua. Menurut kesaksian para warga, sejak tahun 2015 sudah tidak pernah memakan korban lagi karena korban yang meninggal sudah mencapai titik maksimum yaitu 9 orang.

Informasi mengenai destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat.
Pesona Air terjun Merasap dari Ketinggian
Sebenarnya masih banyak lagi riam ataupun air terjun yang ada di Kaliantan barat yang sangat mempesona, di antaranya adalah riam mananggar yang terletak di kabupaten Landak yang sering dikenal dengan sebutan Niagara Kalimantan karena keindahannya yang sangat mempesona menyerupai Air terjun Niagara. 

Ada pula air terjun tertinggi di Kalimantan Barat yaitu Air Terjun Berawan yang terletak di kabupaten bengkayang, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan menjadikan ia sebagai air terjun tertinggi di Kalimantan. Dan masih banyak lagi objek wisata yang tidak dapat saya utarakan satu persatu. 
Informasi mengenai destinasi wisata riam merasap atau air terjun merasap yang berlokasi di provinsi Kalimantan Barat.
Air terjun berawant yang berketinggian sekitar 75 meter
di bengkayang, Kalimantan Barat
Itulah tadi ulasan singkat yang bisa saya berikan mengenai Destinasi wisata riam merasap yang mempesona. Ulasan di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya bersama teman – teman menuju riam Merasap pada hari Minggu tanggal 6 desember 2015. 

Dari ulasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa Kalimantan barat memiliki potensi wisata yang sangat baik bagi para wisatawan dalam negeri maupun manca Negara, karena apa yang saya paparkan di atas hanya sebagian dari keindahan alam Kalimantan yang sampai sekarang masih menjadi misteri di masyarakat umum. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, di antaranya adalah kurangnya minat pemerintah daerah, khususnya pemerintah daerah Kalimantan barat untuk menjadikannya sebagai pusat destiansi wisata, faktor lainnya adalah kurangnya informasi yang dapat ditemukan untuk beberapa destinasi wisata di Kalimantan barat. Semoga bermanfaat !

2 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat sekali untuk bisa lebih mengenal tempat wisata air terjun www.traveluxion.blogspot.com

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk, akan melalui proses moderasi, oleh sebab itu berkomentarlah dengan cerdas dan sesuai akhlak yang berlaku

 
Toggle Footer